Peternakan Domba Garut "Toekang Domba"

Salam Peternak Indonesia!
"Toekang Domba" adalah nama peternakan khusus Domba Garut yang kami kelola untuk pembibitan domba garut unggul. Peternakan Domba Garut "Toekang Domba" adalah langkah kecil kami dalam upaya turut melestarikan ternak asli Indonesia khususnya Domba Garut. Peternakan "Toekang Domba" berlokasi di daerah Soreang sebelah selatan kota Bandung yang merupakan daerah yang nyaman dan sejuk dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.



Rabu, 02 Desember 2009

Domba ramah lingkungan

Ilmuwan Australia berharap bisa mengembang-biakkan domba yang bersendawa lebih sedikit guna membantu mengatasi perubahan iklim dunia. Para ilmuwan sedang melakukan identifikasi satu gen yang menyebabkan satu domba bersendawa lebih banyak dari domba lain ataupun sebaliknya. Sendawa bagi domba menjadi penyebab emisi yang lebih parah dibandingkan dengan kentut, demikian kata para ilmuwan tersebut. Sekitar 16 persen emisi gas rumah kaca Australia berasal dari pertanian, kata departemen perubahan iklim Australia.

Dewan Kerjasama Penelitian Domba Australia mengatakan 66 persen emisi pertanian dihasilkan oleh perut hewan ternak dalam bentuk methana.

”Sembilan puluh persen methana dari domba dan sapi diproduksi di perut besar dan kemudian disendawakan keluar,” kata John Goopy dari Departemen Industri dan Investasi negara bagian New South Wales.

”Tidak banyak yang keluar lewat belakang. Kudalah yang seperti itu.”

Ilmuwan di New South Wales melakukan penelitian untuk mengukur seberapa banyak gas dikeluarkan oleh domba dengan bersendawa.

Dari 200 domba yang mereka teliti diketemukan bahwa semakin banyak domba itu makan semakin banyak pula mereka bersendawa.

Namun ternyata tidak setiap domba sama.

Itulah sebabnya para ilmuwan ingin menemukan penyebab mengapa satu dan lain domba berbeda padahal mereka mengkonsumsi jumlah makanan yang sama.

Tujuan jangka panjangnya adalah untuk mengembang-biakkan domba yang memproduksi methana lebih sedikit. Gas methana berlipat-lipat lebih merusak ketimbang CO2.

”Harapan kami setelah menemukan variasi yang kami perlukan, populasi domba bisa didorong ke arah sana,” kata Roger Hegarty dari Dewan Kerjasama Penelitian Domba Australia.

Sumber: BBC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar