Peternakan Domba Garut "Toekang Domba"

Salam Peternak Indonesia!
"Toekang Domba" adalah nama peternakan khusus Domba Garut yang kami kelola untuk pembibitan domba garut unggul. Peternakan Domba Garut "Toekang Domba" adalah langkah kecil kami dalam upaya turut melestarikan ternak asli Indonesia khususnya Domba Garut. Peternakan "Toekang Domba" berlokasi di daerah Soreang sebelah selatan kota Bandung yang merupakan daerah yang nyaman dan sejuk dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.



Rabu, 02 Desember 2009

Domba Garut Lulus Sertifikasi FAO

Bandung, Kominfo Newsroom -- Sebanyak 2.500 ekor domba Garut telah mendapatkan sertifikat dari organisasi tanaman dan pangan dunia atau FAO, dan tak hanya itu saja, domba-domba tersebut juga diberi akta kelahirannya untuk menghindari pengakuan dari negara lain terhadap hewan sejenis.

''Domba yang mendapat sertifikat adalah domba khas Garut. Domba garut itu berasal dari 23 daerah yang mengikuti lomba ketangkasan domba beberapa waktu lalu,'' kata Sekertaris Jenderal Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) Jawa Barat, Dodi Suhadi.

Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, domba Garut harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya yaitu bentuk tanduk, kesehatan, teknik bertanding, pukulan dan ketangkasan. ''Yang memenuhi kriteria saja yang diberi serifikat, jadi cukup ketat persyaratannya,'' kata Dodi.

Beberapa negara, disebutnya, selalu membeli domba Garut, diantaranya Malaysia, Arab Saudi, dan Brunei. Ini dmenunjukkan negara tersebut telah percaya akan kualitas domba asli garut tersebut. Bahkan, ada beberapa importir yang mengatakan kualitas domba garut yang paling jempolan di Indonesia.

Populasi domba Garut saat ini di Indonesia mencapai sekitar 4,8 Juta ekor yang keberadaannya tersebar di beberapa daerah di Indonesia, sedangkan populasi domba Garut di Jawa Barat berjumlah sekitar 7.800 ekor. (jabarprov.go.id/toeb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar